klik di bawah ini

Rabu, 18 Mei 2011

cara mengkonversi warna RGB ke Grayscale dengan VB

Program Pengolah Citra Menggunakan Visual Basic

Terima Kasih saya ucapkan untuk sumber karena telah berbagi ilmu dengan membuat postingan yang saya cari. saya memang sedang mencari bagaimana cara konversi warna ke grayscale, walaupun saya membuat program ini dengan gambas tapi saya pikir itu tidak jauh berbeda. dan disini saya akan melanjutkan perjuangan sumber untuk berbagi ilmu tentang bagaimana cara merubah warna RGB ke grayscale.
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Buka program visual basic 6.0 yang telah terinstal di komputer anda.
- Buat sebuah project baru,pilih Standart EXE.
- Tambahkan beberapa control seperti picture box, command button.
- Ubah Properties masing masing sesuai keinginan anda. Sebagai catatan ubah properties dari kedua Control Picture Box untuk Scale Mode menjadi 3-Pixel.
- Tambahkan sebuah gambar yang sesuai ukurannya dengan picture box yang pertama.
- Susun seperti gambar.1
Gambar.1 Desain Program Pengolahan Citra
- Kemudian buka jendela code dan ketikan script berikut ini
Const IntPixelX = 300
Const IntPixelY = 300
Dim Pixels(1 To IntPixelX, 1 To IntPixelY) As Long
Dim x, y As Integer
Dim Merah, Hijau, Biru, Abu2 As Integer
- Selanjutnya Klik dua kali command button dan ketikan code berikut ini
For x = 1 To IntPixelX
For y = 1 To IntPixelY
Pixels(x, y) = Picture1.Point(x, y)
Next y
Next x
For x = 1 To IntPixelX
For y = 1 To IntPixelY
Merah = Pixels(x, y) And &HFF
Hijau = ((Pixels(x, y) And &HFF00) / &H100) Mod &H100
Biru = ((Pixels(x, y) And &HFF0000) / &H10000) Mod &H100
Abu2 = (Merah + Hijau + Biru) / 3
Pixels(x, y) = RGB(Abu2, Abu2, Abu2)
Next y
Next x
For x = 1 To IntPixelX
For y = 1 To IntPixelY
Picture2.PSet (x, y), Pixels(x, y)
Next y
Next x
- jalankan program pengolahan citra menggunakan visual basic 6.0 buatan anda
- Gambar yang anda konversi akan beruba menjadi abu-abu (GreyScale).
Gambar.2 Program Pengolahan Citra

Seperti itulah Script program yang dapat digunakan untuk membuat program pengolahan citra menggunakan visual basic 6.0. Inti dari program konversi format citra RGB menjadi format citra greyscale terletak pada script “Abu2 = (Merah + Hijau + Biru) / 3”. Saya merasa program tersebut masih banyak kekurangannya, oleh karena itu saya sangat senang jika ada diantara kalian yang dapat membagi ilmunya.


Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


 

Teman-teman