klik di bawah ini

Jumat, 16 September 2011

PEMBUATAN ANIMASI SEDERHANA MENGGUNAKAN SOFTWARE 3 DIMENSI BLENDER

Tutorial ini akan membahas tentang manipulasi objek animasi sederhana dimana dapat disimulasikan beberapa buah kubus yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu ke sebuah lantai yang memiliki kemiringan kemudian yang karena gravitasi menggelinding dan terjatuh ke media yang lebih rendah.

Langsung saja pada langkah-langkah pembuatannya berikut ini :

1. Hal pertama yang harus dilakukan ialah masuk kedalam window blender. Berikut ini interface yang pertama kali muncul dan media kerja untuk memproses manipulasi data.

Tampilan cukup sederhana dan terlihat tidak terlalu banyak button yang disediakan.

2. Tekan tombol logic panel atau tekan tombol F4 pada keyboard. Dibawah tobol logic panel tadi akan ada option static, sensor, dynamic, rigid body, dll. Pilih Rigid Body dan juga tekan tombol BoundsI. Kemudian pada window blender tekan spasi – pilih Add – pilih Mesh –lalu pilih Plane. Seperti dijelaskan pada gambar dibawah ini.



3. Tekan tombol “S” pada keyboard dan gerakkan kursor menjauhi dari titik pusat kubus. Dan klik kiri pada mouse apabila kubus kita nilai cukup lebar. Klik kiri untuk menghentikannya.



4. Klik tombol Object pada toolbar dibawah atau tekan F7 pada keyboard. Tekan pula tombol Physics Button yang letaknya tidak jauh dari tombol object tadi. Maka muncullah tabbar Collision. Klik tabbar Collision tersebut dan tekan tombol Collision didalamnya.

5. Kemudian tekan kembali tombol Logic atau tekan F4 pada keyboard. Kita menuju window kerja lagi sambil menekan Alt+klik kiri+drag. Maka akan terlihat objek kubus yang tentunya berbentuk 3 Dimensi. Berikut ini screen shotnya.


6. Bila sudah mulai terbentuk objek 3 Dimensi seperti gambar diatas, maka selanjutnya klik kanan pada objek kubus (fokus pada objek kubus), lalu klik kiri dan geser (drag) pada panah berwarna biru tepat diatas objek kubus yang telah dibuat. Geser kearah atas objek tentunya. Setelah kubus terpisah dari “lantainya”. Tekan tombol P pada keyboard. Maka akan terlihat kubus bergerak jatuh ke lantai seperti pada gambar berikut. Tekan Esc untuk menghentikan animasi.



7. Untuk memberikan efek dramatis jatuh yang “terguling-guling” tekan tombol R (Rotate) pada keyboard dan gerakkan kursor ke arah tertentu untuk menentukan posisi kubus. Kemudian tekan kembali tombol P pada keyboard. Lihat apa yang terjadi. Pada gambar dibawah digambarkan posisi jatuh yang berbeda karena efek Rotate.



8. Untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran kubus tekan tombol S (Scale) pada keyboard dan arahkan kursor ke kanan dan kiri. Lihat apa yang terjadi. Sedangkan untuk meperbanyak jumlah kubus dengan menekan Shift+D dan arahkan kursor menjauhi kubus. Otomatis kubus duplikasinya muncul. Untuk menambah jumlah lagi ulangi langkah terkahir.

9. Agar terlihat efek jatuh yang alami dan berbeda-beda antara satu kubus dengan kubus yang lain. Dapat digunakan perintah rotate dengan menekan tombol R dan ubah posisi/korrdinat pada masing-masing kubus. Setelah cukup, tekan kembali tombol P pada keyboard untuk melihat output animasinya. Berikut hasil akhirnya.





sekian, ni tutorial bersumber dari sini



Baca juga:

# cara koneksi kan mysql dengan gambas
# belajar Bahasa Jepang
# Langkah-langkah menginstal Apache,php dan mysql di ubuntu
# Membuat aplikasi mengitung bunga pinjaman dengan vb
# Cara mendapatkan uang dengan Facebook/FB
# cara membuat aplikasi untuk upload foto/gambar dengan gambas
# Langkah-langkah membuat skripsi
# Cara mengajar yang efektif
# Beberapa hal mudah dalam mengajar
# cara membuat status fb/facebook terbalik
# Cara Penulisan Kerja Praktek
# Cara Mudah menginstal Java di sistem operasi Linux
# Cara membuat web browser dengan Gambas di linux
# Cara membuat facebook untuk pemula
# Cara mengkonversi warna dengan VB
# 10 Keunggulan Linux
# Cara instal matlab di ubuntu 10.04
# Cara koneksikan gambas dan mysql
# Cara membuat baca selengkapnya di blog
# Kumpulan skripsi Matematika
# Kumpulan skripsi Informatika
# Kumpulan skripsi bahasa inggris
# Kumpulan skripsi Pertanian
# Kumpulan skripsi Bahasa Indonesia
# Kumpulan skripsi Keperawatan
# Cara mematikan Komputer/Labtop Yang tidak bisa Shut Down
# Daftar Repository Lokal Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat di Indonesia
# Mengenal Backlink dan Fungsinya
# Fungsi Backlink dalam search engine
# Panen BackLink
# Cara cepat bermain tombol keyboard di facebook/fb



Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


 

Teman-teman